Beberapa Metode Untuk Meningkatkan Kegemaran Anak Membaca

 on 21 September 2015  


  Pada tahun pertama, kebiasaan memaca pada anak terfokus pada aktifitas  membaca saja. Jika kita ingin kebiasaan itu berkelanjutan pada anak, sebaiknya kita memperhatikan dua hal:
  

  1. Membuat aktifitas membaca sebagai kegemaran anak.
  2. Membaca dapat mewujudkan kepedulian dalam meningkatkan diri, mengetahui alam, memahami manusia dan masyarakat. 
   Setelah anak memikiki keterampilan membaca yang memadai, maka ia harus menjadikan aktivitas membaca itu sebagai kegemaran untuk menarik kesimpulan-kesimpulan dan memperkaya hidupnya. Dengan kata lain, kualitas membaca dan jenis bacaannya memiliki tujuan yang jelas.
 
    Keluarga dan sekolah dapat bekerja sama dalam menumbuhkan kegemaran anak membaca, dengan cara menciptakan kondisi yang menarik. Motivasi anak untuk membaca dirumah, dapat mempergunakan sarana-sarana sebagai berikut:
  1. Arahan positif dari orang tua.
  2. Menyediakan buku-buku dan majalah-majalah yang sesuai dengan minat anak.
  3. Orang tua hendaknya membiasakan diri berbicara dengan anak-anak mereka mengenai buku, majalah, cerita-cerita, atau peristiwa yang dimuat dalam surat kabar. Mereka juga harus menemani anak dala setiap pembicaraan.
  4. Memaparkan cerita-cerita dan membacakannya kepada anak dengan suara yang keras. Demikian pula dalam materi-materi lain tentang pendidikan yang positif yang menanamkan sikap dan tingkah laku yang baik.
    Agar hal-hal diatas berjalan secara efektif, maka sebaiknya metodenya berjalan secara alami dan spontan sehingga anak tidak merasa diatur dengan program pendidikan tertentu. Kita maklum, bahwa anak cendrung mengikuti dan meniru orang tuanya, karena itu orang tua sebaiknya senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang bernilai bagi anak. Ketika orang tua membentuk iklim membaca yang konsisten ditengah keluarganya, dengan sendirinya anak-anak pun akan menghabiskan waktu mereka dengan membaca dan belajar.
Beberapa Metode Untuk Meningkatkan Kegemaran Anak Membaca 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 21 September 2015   Pada tahun pertama, kebiasaan memaca pada anak terfokus pada aktifitas   membaca saja. Jika kita ingin kebiasaan itu berkelanjutan pada...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer