Tips Merawat Hardisk Internal

 on 15 Maret 2018  

Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data - data tersimpan

sedangkan hardisk eksternal adalah sebuah media penyimpanan portable yang berkapasitas besar, sehingga bisa digunakan kapan saja dengan mencolokan kabel USB ke laptop atau PC.

jaman sekarang sudah tidak sedikit lagi yang memanfaatkan hardisk sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data, meskipun sudah banyak alternatif lain untuk menyimpan data. karena sifatnya yang lebih praktis dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga hardisk lebih diminati. 

Kendati demikian, Anda harus memperhatikan betul perawatan hard diskeksternal agar tidak cepat rusak. Mengigat harga harddisk eksternal yang cukup mahal, Anda tentu ingin benda itu awet. adapun cara memakai dan merawat hard disk eksternal agar awet menurut ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Hacker, Sabtu (13/1/2018), di bawah ini:

Jangan asal cabut kabel penghubung


Hampir semua pakar teknologi menyarankan seseorang menggunakan fasilitas safely remove hardware sebelum memutus hubungan antara hard drive dengan komputer. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada piringan hard drive.

Scan secara berkala


Lakukan pembersihan hard disk eksternal dari virus minimal sebulan sekali. Cara ini membuat hard disk eksternal lebih awet. Selain itu, scanmenghindarkan serangan virus yang akan merusak data.

Letakkan di permukaan datar


Letakkan hard disk eksternal di permukaan yang datar ketika hendak dipakai. Hal ini akan meringankan kerja platter dan jarum magnet yang ada di dalamnya. Jika ditaruh di permukaan yang bergelombang, jarum magnet akan bergerak menjauh dari platter dan membuat data tidak dapat terbaca.

Jaga suhu hard disk


Suhu komputer yang sedang dipakai biasanya meningkat. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan betul suhu di ruangan agar komputer tidak menjadi semakin panas. Jika ruangan tidak dilengkapi AC, ada baiknya Anda menggunakan pendingin khusus untuk komputer. Selain itu, jangan pernah hubungkan hard disk eksternal saat suhu komputer naik. Sebab, hard diskakan ikut panas yang membuat kinerjanya berkurang.

Meski sudah melakukan berbagai hal di atas, Anda juga harus ingat bahwa tidak ada perangkat elektronik yang awet seumur hidup. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memindah data ke perangkat lain secara berkala untuk berjaga-jaga jika perangkat itu tiba-tiba rusak.

Jika hard disk sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, sebaiknya jangan dipaksa untuk terus dipakai. Sebaiknya gantilah dengan yang baru agar data Anda tetap aman.

Sumber: solopos.com
Tips Merawat Hardisk Internal 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 15 Maret 2018 Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data at...


1 komentar:

  1. Makasih ya untuk informasinya.
    Sangat bermanfaat sekali.

    Kunjungan balik ya ke tulisan terbaru saya di Trik Membuat Hardisk Eksternal dari Hardisk Internal atau https://www.agres.id

    BalasHapus

Postingan Populer