PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI

 on 16 Maret 2011  

     perpustakaan seperti sebuah permata yang hilang dan telah di temukan.dulu, perpustakaan telah ada bahkan jika ada sekolah, di situlah perpustakaan berada. Akan tetapi perpustakaan dulu hanya sebagai tempat buku saja, bahkan munkin hanya sebagai pelengkap dunia pendidikan. Tradisi di sekitar buku dan jurnal tercetak ini luar biasa tertanam dalam masyarakat,
yang membentuk sebuah dunia teks yang melandasi semua upay manusia memperluas ilmu pengetahuanya.Konsekuensi perkembangan di era globalisasi ini adalah merupakan tuntutan bagi perpustakaan untuk selalu berkembang dan memeberikan layanan terbaik bagi pengguna. Perpkembangan yang nampak sekarang ini adalah mulai di galakkanya perpustakaan digital. Didalam perpustakaan digital ini koleksi yang dimiliki berupa informasi yang terekam dalam betuk digital dan akasesnyapun menggunakan komputer. Akan tetapi, apakah kedepanya perpustakaan harus meninggalkan sistem konfensionalnya atau perpustaaan akan mendewakan digital sebagai alat ankut informasi yang dimilikinya.Pepustakaan menurut fungsinya memosisikan diri sebagai tempat yang menyediakan berbagai informasi baik yang berkaitan dengan sosial, politik, maupun ekonomi. Di perguruan tinggi,perpustakaan sering di istilahkan sebagai jantunnya perguruan tinggi. Pernyataan ini berarti bahwa perpustakaan memiliki peranan penting di dunia pendidikan. Jika jangtungnya lemah tubuh lainya juga menjadi lemah, ini artinya jika perpustakaan lemah, akan berpengaruh pula terhadap institusi tempat perpustakaan bernaung. Sebaliknya, jika jantunnya baik, maka akan membuat baik pula bagian tubuh lainya. Ini artinya, jika perpustakaan baik, akan baikpula institusinya. Pemisalan lain perpustakaan dan lembaga pendidikan sekarang ini seprti dua sisi mata uang. Keduanya akan menjadi bernilai jika keduanya ada, demikianpula dengan informasinya. Perpustakaan denga informasi tidak boleh di pisahkan sebab kekuatan perpustakaan ada pada informasi yang disajikan.
B.Rumusan Masalah
 1.apakah pengertian perpustakaan dan informasi?
 2.apa fungsi perpustakaan?
 3.apa peran perpustakaan dalam masyarakat?
 C.Tujuan
 1.untuk mengetahui pengertian perpustakaan dan inforamsi
 2.untuk mengetahui fungsi perpustakaan
 3.untuk mengetahui perpustakaan dalam masyarakat





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Perpustakaan dan Informasi
1.      Pengertian perpustakaan Sebenarnya banyak kita jumpai tengtang definisi perpustakan itu sendi dari beberapa sumber di antaranya :
a.       Undang-undang no 45 tahun 2007
Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karaya tulis karya cetak atau karya rekam secara propesional dengan sistem yang baku demi memenuhi kebutuhan pendidika, penelitian,pelestarian informasi dan rekreasi para pemustaka.
b.      Menurut kamus istilah perpustakaan
Perpustakaan adalah sisitem pengumpulan informasi non buku yang di kelola dengan sistem tertnetu unuk dimanfaatkan oleh masyarakat pemakai
Jadi perpustakaan adalah  sistem pengumpulan informasi terdiri dari karya baku sampai katya non baku atau sunber informasi dalam komputer yang bahnya bersumber dari informasi tertentu yang di susun secara sistematis untuk digunakan pemakai. Di antara pengertia perpustakaan di atas tetapi tetap saja bermuara pada satu inti bahwa perpustakaan merupakan tempat penyediaan jasa layanan informasi kebutuhan pencari informasi.
2.      Pegeria informasi
Informasi merupakan istilah yang tidak asing lagi  di dengar. Namun demikian, apa sebenarnya perpustakaan itu? Pada dasarnya informasi merupakan suatu data, baik data numerik maupun verbal yang telah di olah sedemikian rupa sehingga mempunyai sebuah arti. Namun demikian informasi yang di kemukakan oleh beberapa ahli tidak membeika definisi yang pasti mengenai informasi secara umum informasi di definisikan sebagai berikut.
            Informasi adalah data yang telah di proses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si pennerima dan mempunyai nilai yang nyata dan terasa bagi keputusan saat itu dan keputusan mendatang. Informasi adlah istilah yang tidak tepet pemakainya secara umum. Informasi dapat berisi data yang mentah, data tersusun, kapasitas saluran komunikasi dan sebagainya. Informasi ibarat darah yang mengalir dalam tubuh organisasi sehingga ke beradaan informasi ini sangat penting. Suatu organisasi yang kurangmendapat informasi akan mmenjadi luruh, kerdil, dan akhinya mati.  

 B.Fungsi Perpustakaan
C.Perpustakaan Sebagai Sumber Daya Informasi
D.Perpustakaan Sebagai Pengelola Informasi
E.Masyarakat Informasi 
F.Peran Perpustakaan dalam Masyarakat Informasi
G.Informasi Sebagai Sumber Daya

PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 16 Maret 2011      perpustakaan seperti sebuah permata yang hilang dan telah di temukan.dulu, perpustakaan telah ada bahkan jika ada sekolah, di situlah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer