MASALAH EKONOMI

 on 29 November 2010  

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai kemakmuran. usaha yang dilakukan manusia meningkat. Kebutuhan manusi tidak terbatas, artinya apabila suatu kebutuhan sudah terpenuhi maka akan muncul kebutuhan lainnya. hal ini disebabkan karena sifat manusia yang selalu merasa tidak puas terhadap barang atau kebutuhan yang sudah dimilikinya. kemakmuran orang tergantung pada jumlah banyaknya kebutuhan yang dapat dimilikinya.

Dalam masyarakat primitif, manusia pada saat itu memiliki pola pikir yang sempit serta memiliki pengetahuan yang rendah. Oleh karna itu, yang menjadi masalah mereka adalah makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Masalah tersebut diatasi dengan usaha berburu, bercocok tanam, bertani, dan berkebun. Dalam melakukan usaha tersebut mereka masih menggunakan alat-alat yang sederhana dan hasil yang di perolehnya hanya di pergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Dalam masyarakat modern sekarang ini, dengan jumlah manusia yang terus berkembang serta meningkatnya ilmu pengetahuan, kebutuhan manusia pun beraneka ragam. Hal tersebut merupakan permasalahan ekonomi dimasa yang modern sekarang ini. Semua usaha tersebut memerlukan sarana dan prasarana yang telah maju sehingga hasil yang di capai juga besar. Hasil tersebut tidak hanya untuk kepentingan sendiri dan keluarga, tetapi juga di peruntukkan bagi oang lain. Akan tetapi manusia mengalami kesulitan karena barang itu masih sedikit dan sukar didapat.

Meskipun dalam menghasilkan produk dengan sarana dan prasarana yang telah maju, manusia tersebut masih menghadapi berbagai masalah. Masalah utama yang di hadapi manusia adalah jumlah kebutuhan yang beraneka ragam dan tidak terbatas. Jumlah alat pemenuha kebutuhan, baik berupa barang maupun jasa jumlahnya sangat terbatas. Dengan demikian, terdapat berbagai kelangkaan, sehingga di perlukan pemilihan dalam rangka pemenuhan kebutuhan. Oleh karna itu, manusia harus berusaha melakukan tindakan dan perbuatan ekonomi agar di peroleh penghasilan atau uang untuk memenuhi kebutukannya.

Dilain pihak, perkembangan penduduk yang semakin cepat menyebabkan persaingan atau kompetisi kehidupan manusia yang ketat. Perbedaan tingkat kemampuan dan kepandaian serta keterampilan seseorang menyebabkan hasil yang diperoleh dari kegiatan ekonomi yang dilakukan berbeda-beda tergantung kepada keinginan, hobi, bakat, jenis pekerjaan, dan pendidikannya. Perbedaan penghasilan yang di peroleh manusia menyebabkan tingkat hidup dan tingkat perekonomian berbeda.

Kemiskinan atau kekayaan biasa ditemukan di mana saja, baik mereka yang hidup di kota maupun di desa selalu berusaha untuk harus memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Namun, terdapat berbagai masalah atau kendala ekonomi yang harus di hadapinya. Ada manusia yang hidup berkecukupan bahkan bias di sebut mewah sementara yang lain hidup dalam keadaan yang serba terbatas atau miskin. Masalah ekonomi yang biasa di hadapi oleh penduduk yang tinggal di desa diantaranya sebagian besar bekerja di bidang pertanian, pendapatan keluarga rendah, dan sarana transportasi yang terbatas. Sementara itu, masalah ekonomi yang di hadapi penduduk yang tinggal di kota antara lain, pasilitas kehidupan yang tidak baik, meningkatnya urbanisasi, banyaknya pengangguran, dan tingginya tingkat kejahatan.
MASALAH EKONOMI 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 29 November 2010 Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai kemakmuran. usaha yang dilakuk...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer